Thursday 24 January 2019

Curhat pertama kali berumah tangga

Jujur bulan pertama aku menikah, dan baru pertama di ksh uang sm suami aku boros,
suami aku pasrahin seluruh pengaturan keuangan sama aku, otomatis aku jadi manager keuangan di rumah tangga,
Awal nya gak mudah..
karna baru pertama kali pegang uang yg jumlahnya ckup besar ( menurutku) aku kewalahan, belum bisa control kita terlalu banyak jajan, poya poya, jalan jalan sm suami, krna masih meraba raba juga dan akhirnya uang gaji suamiku abis dan pas pkonya dalam waktu sebulan itu, memang sih di bulan pertama pernikahan itu lagi banyak banyaknya pengeluaran, buanyak banget malahan, tp sebanyak banyaknya pengeluaran, dengan uang segitu harusnya msh bisa nabung dong, tapi kenyataannya di bulan pertama uang tabungannya terpakai d akhir bulan krna bnr bnr ada kepentingan mendesak, alhasil gaji di bulan pertama aku ga bsa nabung sama sekali, dan uang habis.
Lalu di bulan kedua Alhamdulillah aku sudah mulai bisa mengendalikan keuangan, aku belajar juga dr ibuku, cara mengontrol pengeluaran, hingga seluruh kebutuhan terpenuhi tanpa kebobolan πŸ˜†
Alhamdulillah hingga bulan bulan selanjutnya aku bisa memanage keuangan rumah tangga, makin d sayang suami, di sebut istri cerdas,
tentunya seneng dong kalo suami bangga sama kemampuan management kita❤

Anyway stlah baca story panjang di atas
Aku mau share tips memanage uang buat kalian yg baru berumah tangga :

Point pertama *Siapin amplop*
Siapin beberapa amplop buat membagi uang kalian ke dalam amplop tersebut dan namai amplop tersebut sesuai kebutuhannya.



1. Uang makan + jajan minggu ke 1
2. Uang makan + jajan minggu ke 2
3. Uang makan + jajan minggu ke 3
4. Uang makan + jajan minggu ke 4
5. Uang Biaya tak terduga (keondangan + beli kuota)
6. Uang Nabung
7. Uang bayar Listrik dan Beli beras
8. Uang beli peralatan mandi / alat pokok
9. Biaya ongkos kerja suami
10. Biaya uang makan suami d kantor
11. Uang buat shopping (my favorite)😘

Isilah amplop amplop tersebut sesuai kebutuhan yang masing -masing sudah di beri budget.
Jadi dengan begitu kita gakan kebobolan,
Uang makan pertama abisin selama satu minggu sebisa mungkin harus cukup, dan jangan pernah ambil uang dr amplop kedua kalo uangnya kurang, pokoknya kita harus pintar bagaimana caranya  uang di amplop 1 itu cukup untuk 1 minggu.
Malahan kalau ada lebihnya kan bisa di alokasikan ke biaya lain / lebihnya untuk uang jajan,
Sebaiknya uang d jatah perbulannya untuk biaya ini dan itu agar tidak over budget.
Hal ini jg bsa membuat kita lebih irit di banding klo kita ga membagi jatah uang, dgn bgtu kita malah suka menggunakan uang sesuka hati dan malahan sering sekali trjadi over budget.
Jadi untuk menanggulangi hal itu alangkah baiknya kalo kita belajar untuk pandai mengatur keuangan.

No comments:

Post a Comment

© Lia Awaliyah Yulvia | Blogger Template by Enny Law